Apa itu Investasi? Kita Kenal Lebih Dekat Sebelum Memulai Yuk!

Investasi di masa sekarang ini sepertinya sangat banyak sekali peminatnya. Investasi sendiri sudah mulai beragam yang mana akan memudahkan kita semua untuk menyimpan uang lebih banyak lagi guna kebutuhan di hari kedepanya. Investasi sendiri memang belakangan ini sangat banyak di kenal.

Bahkan bentuknya sendiri makin beragam, dan membuat kita menjadi mudah memilih mana yang tepat bagi kita semua. Penggunaan sebuah investasi jangka panjang contohnya, Anda harus memahami beberapa resiko dan pemahaman yang mendalam mengenai berinvestasi agar nantinya tidak ada kerugian  yang terlalu besar. Maka dari itu tidak ada salahnya lho kita memahami apa itu investasi dan hal-hal lainnya sebelum mulai berinvestasi.

Apa itu Investasi?

Secara umum, pengertian dari investasi adalah penanaman aset atau dana yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau perorangan untuk jangka waktu tertentu demi memperoleh imbal balik yang lebih besar di masa depan. Ada banyak hal yang terlibat dalam aktivitas ini, dan beberapa di antaranya adalah jumlah dana dan tujuan dari investasi itu sendiri.

Beberapa orang beranggapan bahwa investasi itu cukup sulit. Padahal di masa sekarang ini investasi bisa menjadi sangat mudah karena beberapa hal yang ada di dalamnya. Sehingga kita semua menyadari betapa pentingnya sebuah investasi untuk kedepannya.  Membuat sebuah investasi itu sendiri menjadi mudah sekali untuk dilakukan dalam kehidupa di masa sekarang ini.

Di bawah ini ada panduan mengenai  cara berinvestasi dengan mudah, sehingga Anda tidak akan salah jalur ketika akan mulai  berinvestasi. Jangan sampai Anda menyerahkan uang Anda kepada orang-orang yang memang tidak sesuai dengan pengawasan OJK  yang tepat.  Maka Anda memerlukan sebuah panduan di bawah ini.

Panduan Memulai Berinvestasi

Ada banyak istilah dalam aktivitas berinvestasi yang menuntut rangkaian penjelasan panjang. Namun untuk tahap awal, Anda bisa fokus pada poin-poin dasar seperti berikut

  • Memiliki tujuan jelas. Kenapa tujuan (objective) dalam berinvestasi sangat penting? Hal ini karena jika Anda tidak memiliki tujuan yang jelas, maka akan sulit menentukan langkah apa yang harus diambil selanjutnya. Tujuan akan memengaruhi investasi seperti apa yang sebaiknya Anda ambil, mulai dari segi jangka waktu, jenisnya, hingga di mana Anda ingin menempatkan investasi tersebut.
  • Menilai seberapa banyak modal yang bisa Anda siapkan. Modal (capital) ini membahas seputar dana atau aset yang Anda miliki sekarang. Saat ini, berinvestasi dengan modal Rp100.000 atau kurang dari itu sudah mungkin untuk Anda lakukan. Modal juga mempengaruhi jenis investasi, misalnya emas, saham, atau properti.
  • Memahami risiko pada diri sebagai investor dan jenis investasi yang diambil. Segala hal yang berhubungan dengan perputaran uang memang tidak akan terlepas dari faktor untung-rugi. Yang dimaksud dengan risiko pada diri sendiri adalah kemampuan secara finansial. Ketika Anda memutuskan untuk berinventasi, hal pertama yang Anda lakukan tentu saja menyiapkan sejumlah dana, baik saat akan memulai maupun selama prosesnya. Dalam hal ini, lebih dulu terlepas dari utang dan memilki kondisi pendapatan yang stabil dan dana ekstra adalah beberapa hal yang patut diperhatikan.

Bentuk Investasi

Setelah mengetahui jenis-jenis investasi, deretan jenis investasi tersebut juga dikelompokan ke dalam dua bentuk yang berbeda, yaitu:

  • Investasi Aktiva Riil: Investasi ini dilakukan oleh seseorang baik dalam bentuk yang terlihat maupun yang tidak terlihat, seperti investasi tanah, investasi logam, investasi properti, dll.
  • Investasi Aktiva Finansial: Investasi aktiva finansial dilakukan oleh investor sebagai bentuk sekuritas. Contohnya investasi deposito  dan saham.

 

Jenis-jenis Investasi

Banyak sekali jenis investasi yang ada saat ini diantaranya adalah:

  • Investasi Properti
  • Investasi Emas
  • Investasi Saham
  • Investasi Reksa Dana
  • Investasi Valuta Asing
  • Investasi Obligasi
  • Investasi Syariah
  • Investasi Cryptocurrency
  • Investasi Deposit
  • Dan sebagainya.

Itulah beberapa investasi yang bisa dengan mudah Anda pelajari dulu. Sebelum memutuskan  untuk melakukan investasi maka Anda bisa mencari tahu banyak hal mengenai investasi. Beberapa hal yang terkait investasi harus Anda pahami betul untuk mengurangi resiko adanya kerugian yang ditanggung. Walaupun pada kenyataannya investasi pasti pernah mengalami pasang surut, namun tak ada salahnya jika kita memberi antisipasi di awal.